Less talk, more code

The blog of Iskandar Soesman

Panada 0.2.1 Telah Rilis

Hari ini (2011-02-20 08:11:20), secara resmi Panada versi 0.2.1 dirilis. Untuk mendownloadnya silahkan klik di sini. Selain melakukan perbaikan dari bug-bug yang ditemukan sebelumnya, beberapa fitur-fitur baru juga telah ditambahkan pada versi ini. Fitur baru ini antara lain:

Sub Controller

Feature ini memungkinkan pemanggilan controller dilakukan dari dalam sebuah controller. Hal ini berguna jika suatu controller ingin menggunakan sumber daya (resources) yang ada pada controller lain. Lebih lanjut mengenai fitur ini bisa dilihat pada halaman dokumentasi mengenai Sub Controller.

Alias Controller dan Alias Method

Alias controller adalah pengembangan dari fitur short_url yang sudah ada pada versi sebelumnya. Fasilitas ini digunakan jika suatu controler tidak ingin disebut secara eksplisit. Informasi selengkapnya ada di halaman Alias Controller. Sedangkan alis method adalah fitur baru yang prinsip kerjanya sama seperti alias controller, namun berlaku di level method. Diskusi lebih jauh silahkan lihat di sini.

Error Handler

Versi sebelumnya, setiap error ditangani langusng oleh PHP. Pada versi kali ini, kecuali Fatal Error, error yang muncul akan ditangani oleh Panada. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam melakukan debugging pada proses development.

Filter Input

Dari sisi keamanan, kini telah ditambahkan fitur Filer Input. Bagian ini menggunakan fungsi filter_input() yang ada pada PHP mulai versi 5.2 ke atas. Dengan demikian, Panada versi 0.2.1 membutuhkan paling tidak PHP versi 5.2. Cara penggunaannya bisa dilihat di halaman Request.

Load View

Mulai versi ini, Panada menggunakan cara yang berbeda dalam memanggil file view dari versi sebelumnya. Jika sebelumnya adalah $this->view('NAMA_FILE', $array_data), kini menjadi $this->view_NAMA_FILE($array_data). Hal ini untuk lebih menguatkan penggunaan konsep OOP di Panada. Panduan penggunaan ada di halaman View.

Dokumentasi Offline

Kini dokumentasi juga tersedia secara offline. Dokumentasi disertakan disetiap source yang didownload. Selain itu, terinspirasi dengan dokumentasi yang ada di PHP, di setiap halaman juga disertakan bagian diskusi. Diskusi yang ada di versi online juga akan tampil di halaman versi offline jika komputer yang digunakan terhubung dengan internet. Aplikasi diskusi/komentar menggunakan layanan Disqus.

Selain fitur-fitur baru, beberapa library dilakukan perbaikan dan juga penambahan baru. Di antaranya:

Library Config

Untuk menghindari penggunaan $GLOBALS variabel yang ada di versi sebelumnya, kini digunakan Library Config untuk menangani konfigurasi aplikasi. Cara melakukan konfigurasi ada di halaman ini.

Library Memcached

Pada versi ini Panada secara natif telah mendukung penggunaan Memcached. Cara menggunakannya bisa dilihat di halaman Library Memcached.

Library Mongodb

Selain Memcached, MongoDB juga sudah didukung. MongoDB adalah database NOSQL yang bisa membantu kinerja aplikasi yang berbasis database menjadi lebih cepat. Keterangan lebih lanjut bisa dilihat di halaman Library Mongodb.

Library APC

APC adalah object caching yang disedikan secara natif oleh PHP. Penggunaan ekstensi APC dapat meningkatkan kinerja aplikasi secara signifikan. Cara penggunaan APC di Panada bisa dilihat di halaman ini Library APC.

Selain itu perbaikan juga dilakukan pada library db dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan koneksi ke MySQL server.