Less talk, more code

The blog of Iskandar Soesman

Blog ini Hidup Kembali

Setelah tidak pernah menulis lagi sejak post terakhir yang dibuat pada tanggal 2011-07-12 14:44:41, kini blog ini aktif kembali. Untuk menyegarkan kembali tampilan, ada beberapa pembaharuan dari blog ini.

Domain kandar.id

Domain sebelumnya yang saya gunakan untuk blog ini adalah kandar.info. Domain ini saat ini saya pointing ke Pagodabox. Dan di situ juga saya host aplikasi lama yang aplikasinya saya buat menggunakan Panada. Namun sayang semenjak Pagodabox mengalami perubahan, dari pagodabox.com menjadi pagodabox.io aplikasi blog lama saya sudah tidak bisa diaskes lagi.

Design Baru

Design yang sebelumnya juga sudah menggunakan Bootstrap, tapi hanya sekedarnya saja dan masih menggunakan versi 2. Untuk kali ini tidak hanya menggunakan versi terbaru, tapi sekaligus saya gunakan template yang memang sudah dicontohkan Bootstrap untuk design sebuah blog di halaman ini http://getbootstrap.com/getting-started/#examples.

Aplikasi Baru

Ini adalah perubahan ketiga dari aplikasi blog yang saya gunakan. Pertama kali saya menggunakan Wordpress. Pada saat itu saya hosting di sebuah VPS yang pengelolaannya bersama-sama dengan beberapa teman di Kompas. Namun, karena satu persatu kami keluar dari tempat kerja yang sama, komunikasi kami tidak lagi se intensif dulu. Dengan demikian pada akhirnya kita putuskan untuk menyudahi penyewaan VPS tadi.

Sementara saya mencari tempat hosting baru, di saat yang sama saya coba porting aplikasi blognya dari yang menggunakan Wordpress saya ubah menggunakan Panada. Perubahan hanya di level aplikasi. Sementara dari dari sisi database tetap menggunakan data skema dari Wordpress. Aplikasi baru ini saya host si Pagodabox.

Tidak ada penambahan artikel semenjak apliaksi blog saya buat beru dan deployed. Hampir 4 tahun tidak terupdate hingga kemudian tidak lagi bisa diakses terkait perubahan dari Pagodabox.

Saya kembali tergerak untuk menulis setelah mendapat nasihat dari beberpa teman yang berharap saya bisa menuliskan ide-ide dan pengalaman-pengalaman saya dalam kaitannya dengan permasalahan seputar aplikasi web. Teman lain juga menasihati bahwa dengan menulias adalah salah satu bentuk kontribusi ke komunitas yang manfaatnya akan bisa dirasakan oleh banyak orang.

Semangat ini kemudian mendorong saya untuk membuat kembali aplikasi blog. Tetapi kali ini saya ingin aplikasi blog ini juga bermanfaat dan jadi bahan pembelajaran untuk saya dan orang lain. Lalu saya putuskan untuk membuat baru tanpa menggunakan framework apapun dan dengan design aplikasi yang sesederhana mungkin. Namun tetap layak untuk digunakan di production untuk keperluan blog sederhana. Sumber data tidak menggunakan database tetapi mengandalkan file yang ditulis dengan format markdown. Source coode aplikasi ini bisa dilihat di sini https://github.com/ikandars/gia. Khusus untuk pembahasan aplikasi blog ini akan coba saya tuliskan pada posting tersendiri.

Saya berharap mudah-mudahan saya bisa konsisten dalam menuliskan informasi yang bermanfaat di blog ini, sehingga bisa membantu saya, anda dan teman-teman lain di luar sana.